FANDOM

Brother Bear adalah film fantasi animasi Amerika 2003 diproduksi oleh Walt Disney Feature Animation dan dirilis oleh Walt Disney Pictures, film animasi ke-44 di Kanon Animasi Disney. Dalam film tersebut, seorang anak laki-laki Inuit bernama Kenai mengejar seekor beruang untuk membalas dendam karena pertempuran yang diprovokasi di mana kakak laki-lakinya, Sitka, terbunuh. Dia melacak beruang itu dan membunuhnya, tapi Roh, yang marah atas kematian yang tidak perlu ini, mengubah Kenai menjadi seekor beruang sendiri sebagai hukuman. Menjadi manusia lagi, Kenai harus pergi ke sebuah gunung di mana cahaya Utara menyentuh bumi, dan belajar melihat melalui mata orang lain, merasakan melalui hati orang lain dan menemukan arti sebenarnya dari persaudaraan.

Meskipun ada banyak review, film ini disambut dengan hangat oleh khalayak dan sukses di kantor kotak, menghasilkan $250 juta di seluruh dunia dengan anggaran $46 juta.

Awalnya berjudul Bears, ini adalah film animasi Disney ketiga dan terakhir diproduksi terutama oleh studio Film Animasi di Disney-MGM Studios di Orlando, Florida; studio ditutup pada bulan Maret 2004, tidak lama setelah rilis film ini mendukung fitur animasi komputer. Film ini menerima kemenangan Academy Award untuk Best Animated Feature, namun kalah dari film Disney/Pixar Finding Nemo. Sekuel, Brother Bear 2, dirilis pada 29 Agustus 2006.